Home / Headline / Hukuman OC Kaligis Diperberat 10 Tahun, KPK: Contoh Buat Pengacara

Hukuman OC Kaligis Diperberat 10 Tahun, KPK: Contoh Buat Pengacara

Kamis 11 Agu 2016 , 19:07 WIB
Oc Kaligis mengenakan pakaian tahanan KPK.

Jakarta-Majelis Hakim Mahkamah Agung memperberat hukuman PO pengacara senior Otto Cornelis Kaligis dari tujuh menjadi 10 tahun penjara. Menyikapi hal itu, Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengapresiasi putusan tersebut, sebab sesuai dengan tuntutan Jaksa KPK.

“Ya karena memang tuntutannya itu 10 tahun. Jadi, KPK mengapresiasi putusan yang dikeluarkan MA,” kata Syarif di kantor KPK, Jakarta, Kamis (11/8/2016).

Putusan Kaligis ini sekaligus pesan kepada para pengacara dan pihak lain bahwa mereka merupakan penegak hukum. “Jadi penegak hukum harus memberikan contoh yang baik kepada yang lain,” tegas dia.

Akademisi Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, ini menilai dengan putusan ini penegak hukum maupun advokat harus lebih berhati-hati.

Meski demikian dia tak mempersoalkan orang tua dari artis Velove Vexia itu untuk mengajukan peninjauan kembali atas putusan lembaga yang dipimpin Hatta Ali ini.

“Ya kalau beliau ingin melakukan upaya hukum luar biasa itu kan hak dari terpidana. Silakan saja, tapi kami di KPK merasa itu sudah pas,” tegas Syarif sembari menegaskan, putusan MA itu bersifat mengikat.

“Seluruh warga Indonesia harus mengikutinya.”

Seperti diketahui, Majelis Hakim MA yang diketuai Artidjo Alkostar menambah vonis Kaligis menjadi 10 tahun penjara, denda Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan. Kaligis dinilai terbukti menyuap hakim PTUN Medan, Tripeni Cs. (Dwi/Red)

loading...

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang ditandai harus diisi *

*