Home / Headline / Jaksa Agung Berhentikan Sadiman Dari Sesjambin dan Warih dari Kajati DKI, Apakata Komjak

Jaksa Agung Berhentikan Sadiman Dari Sesjambin dan Warih dari Kajati DKI, Apakata Komjak

Rabu 18 Des 2019 , 23:46 WIB

Jakarta-Jaksa Agung Burhanuddin mengeser sejumlah pejabat eselon II di lingkungan Kejaksaan RI, mereka antara lain adalah Sekretaris Jam Pembinaan Sadiman, Kepala Kejati, Kepala Kejati DKI Jakarta Warih Sadono.

Ketua Komisi Kejaksaan Republik Indonesia (KKRI) Barita Simanjuntak mengatakan pergantian posisi eselon II A diantaranya Sesjambin, dan Kajati DKI, sudah sesuai pertimbangan pimpinan Kejaksaan.

“Tentunya sudah dipertimbangkan dari semua aspek. Kalau secara struktural pergantian itu linier sama sama eselon II A,” ucap Barita kepada Pitunews.com, Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Saat disinggung apakah pergantian para Kajati tersebut berkaitan dengan capaian kinerja dan pengawasan melekat (Waskat) Kejaksaan serta isu-isu yang sempat menjadi perhatian publik, dia pun tak menampiknya.

“Ya bahasa praktisnya seperti itu. Namun, yang dimaksud dipertimbangkan itu juga berkaitan dengan capaian kinerja maupun penilaian publik juga kan,” tandas dia.

Sebelumnya Burhanuddin merotasi sejumlah pejabat eselon II, dalam keputusan Jaksa Agung RI NOMOR: KEP-372/A/JA/12/2019 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dalam jabatan struktural di lingkungan Kejaksaan. Setidaknya ada 56 orang yang dimutasi dan di rotasi dalam jabatan tersebut, selain Sadiman dan Warih yang di pindahkan juga Kepala Kejati Sumatera Utara Fachruddin ketiganya diberhentikan dari jabatan tersebut.

Sadiman yang menjabat sebagai Sekretaris Jam Pembinaan dipindahkan menjadi Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen pada Badan Diklat Kejaksaan RI. Warih dipindah sebagai Inspektur IV pada Jam bidang Pengawasan, sementara Fachruddin juga dipindahkan sebagai Inspektur Keuangan pada Jam bidang Pengawasan, sedangkan Kepala Kejati Jawa Tengah Yunan Harjaka dipindahkan sebagai Direktur Tindak Pidana Terorisme dan Lintas Negara pada Jam Pidum.

Jaksa Agung pun mempercayakan Kepala Kejati Jambi Nurwinah sebagai Sesjambin mengatikan Sadiman, untuk penganti Warih dipercayakan Direktur Penyidikan pada Jampidsus Asri Agung Putra, sedangkan  penganti Fachruddin, Jaksa Agung percayakan Direktur Pertimbangan Hukum pada Jamdatun Amir Yanto, sedangkan penganti Yunan dipercaya Kepala Kejati Sumatera Barat Priyanto.

Sedangkan pejabat eselon II lainnya yang dipercaya untuk menduduki Kepala Kejati yakni Ranu Miharja sebagai Kajati Bangka Belitung sebelumnya sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen pada Badiklat, sedangkan Kepala Pusat Data Statistik Kriminal dan Teknologi Informasi pada Jambin Andi Herman ditunjuk sebagai Kajati Maluku Utara, sedang Kapuspenkum Mukri ditunjuk sebagai Kajati Kalimantan Tengah.

Sementara Kepala Kejati Jawa Barat Raja Nafrizal ditunjuk sebagai Sekretaris Jampidsus. Penggantinya Raja yakni Ade Eddy Adhyaksa yang sebelumnya sebagai Direktur Teknologi Informasi dan Produksi Intelijen pada Jamintelijen.

Sedangkan Jaya Kesuma Direktur Ideologi Politik, Pertahanan dan Keamanan pada  Jam Intelijen ditunjuk sebagai Kajati Kalimantan Barat. Sedangkan M. Rum dari Kajati Sulawesi Tengah ditunjuk sebagai Direktur Upaya Hukum Luar Biasa, Eksekusi dan Eksaminasi pada Jampidsus.

Sedangkan Gerry Yasid dari Wakajati Sulawesi Selatan menjadi Kajati Sulawesi Tengah mengantikan M. Rum. Kemudian Wakajati Riau Mia Amiati ditunjuk sebagai Kajati Riau. Sementara Wakajati Bali Didik Farkhan Alisyahdi dipindah mengantikan Andi Herman.

Sementara Tedjolekmono dari Kepala Biro Umum pada Jam Pembinaan ditunjuk sebagai Inspektur II pada Jam Pengawasan, pengantinya Ade Tajudin Sutiawarman dari Wakajati Kalbar. Sedang Kajati Kepulauan Riau Edy Birton dipindah sebagai Direktur Teknologi Informasi dan Produksi Intelijen pada Jam Intelijen. (Edo/Red)

loading...

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang ditandai harus diisi *

*