Home / Indeks / Jaksa Agung Federasi Rusia Menyampaikan Keprihatinan Atas Gempa Palu Donggala

Jaksa Agung Federasi Rusia Menyampaikan Keprihatinan Atas Gempa Palu Donggala

Kamis 04 Okt 2018 , 11:19 WIB

Jakarta-Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 SR yang mengguncang wilayah Sulawesi Tengah, tepatnya di Kabupaten Donggala dan Kota Palu, pada Jumat 28 September 2018 membawa duka mendalam bagi rakyat Indonesia, begitu pun bangsa-bangsa lain.

Dalam keterangan tertulis yang diterima pitunews.com di Jakarta, Kamis (5/10/2018) Jaksa Agung Federasi Rusia Yury Yukovlevich Chaika pun ikut berbelasungkawa, sekaligus prihatin atas musibah yang dihadapi bangsa Indonesia dan keluarga Kejaksaan RI hingga memakan banyak korban jiwa.

Menanggapi keprihatinan itu Jaksa Agung H.M.Prasetyo yang tengah berada di Rusia dalam kunjungan kerjanya, menyampaikan bahwa Kejaksaan segera turut mengambil bagian untuk melakukan kegiatan kemanusiaan dengan membentuk Posko Kejaksaan RI Peduli untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana alam di Palu dan Donggala.

Kerja sama bilateral antara Kejaksaan Agung RI dan Kejaksaan Federasi Rusia diwujudkan dengan penandatangan MoU yang bertujuan meningkatkan kerja sama kedua Kejaksaan ke level yang lebih tinggi.

Dalam pertemuan itu Prasetyo menyampaikan pesan untuk meninggalkan hal-hal tidak prinsip yang sering dapat menghambat pelaksanaan sebuah hubungan bilateral. Oleh karena itu, sudah saatnya semua bergandeng tangan bersama-sama berkontribusi berupaya menciptakan kawasan dan dunia yang tertib, aman dan nyaman yang tidak terusik oleh tindak kejahatan.

“Beberapa bentuk kejahatan yang perlu mendapat perhatian kedua negara antara lain, kejahatan teroris, ekstrimisme, narkotika, korupsi, money laundering dan berbagai jenis kejahatan transnasional lainnya. Sehubungan dengan itu, kejaksaan RI akan bertukar pengalaman terkait penangangan terorisme dan ekstrimisme, yang saat ini tekah menjadi isu aktual di berbagai negara,” papar dia.

Bilateral Meeting tersebut, Jaksa Agung RI didampingi Jaksa Agung Muda Tindak Pidan Umum Dr. Noor Rochmad, Kaban Diklat Setia Untung Arimuladi, Kajati Sumut Dr. Bambang Rukmono, Kajati Bali Amiryanto, Kapuspenkum M. Rum, Karo Hukum Darmawel, Asisten Khusus Jaksa Agung Dr. Asep N. Mulyana.

Sedangkan Jaksa Agung Rusia didampingi Deputy Prosecutor General Vinnichenko, Head of International Cooperation Sarkisyan, Head of International Treaties Massonov dan beberapa pejabat kejaksaan agung federasi Rusia. (Edo)

loading...

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang ditandai harus diisi *

*