Home / Headline / Jaksa Agung Kehilangan DL Sitorus, Lahan Sawit Register 40 Melayang?

Jaksa Agung Kehilangan DL Sitorus, Lahan Sawit Register 40 Melayang?

Jumat 04 Agu 2017 , 17:50 WIB

 

Jakarta-Pasca meninggalnya pengusaha perkebunan asal Batak Darianus Lungguk (DL) Sitorus, ternyata masih meninggalkan masalah, terkait eksekusi hutan negara register 40 di Padang Lawas, Sumatera Utara seluas 47 ribu hektar.

Namun demikian, Jaksa Agung HM Prasetyo selain mengucapkan berita duka cita kepada mendiang DL Sitorus, dia juga masih membicarakan persoalan ini kepada pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Ya nanti kt bicarakan dngn menteri LHK ya. Ya kita ikut berduka cita ya,” ujar Prasetyo di Kejagung, Jakarta, Jumat (4/7/2017).

Dia mengaku meski eksekus lahan sudah dilakukan Kejaksaan sejak tahun 2008, namun kata dia masih ada kendala-kendala dimana DL Sitorus sendiri tidak menyerahkan secara fisik.

“Kalau Kejaksaan sudah selesai menjalankan tugasnya sebenarnya, kita serahkan pada waktu itu kepada Menteri Kehutanan, sejak 2008,” ucap dia.

Sebelumnya, putusan Mahkamah Agung (MA) RI nomor 2642/K/PID/2006 tanggal 16 Juni 2006 menyebutkan bahwa Jaksa eksekutor bahwa barang bukti berupa perkebunan kelapa sawit di kawasan hutan itu, beserta seluruh bangunan yang ada di atasnya dirampas untuk negara.

“Tapi faktanya, defacto masih dikuasai oleh DL Sitorus, ini perlu tindak lanjut,” ungkapny,” sambung Jaksa Agung HM Prasetyo.

Setidaknya ada 178.000 hektar yang dikelola banyak perusahaan, sedangkan DL Sitorus melalui perusahaannya bernama PT Torus Ganda (Torganda) mengelolah 47.000 hektare.

MA memerintahkan lahan perkebunan kelapa sawit seluas 23 ribu hektare di kawasan Palas Sumut yang dikuasai oleh KPKS Bukit Harapan dan PT Torganda, serta lahan seluas 24 ribu hektar di kawasan yang sama yang dikuasai oleh KPKS Parsub dan PT Torus Ganda, disita oleh negara cq Departemen Kehutanan.

Sebelumnya dilaporkan pada 2009, Departemen Kehutanan (Dephut) meminta bantuan Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk mengeksekusi lahan perkebunan sawit seluas 47 ribu hektare milik mendiang DL Sitorus.d

loading...

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang ditandai harus diisi *

*