Home / Headline / Jaksa Agung Yakin KPK Mampu Lanjutkan Kasus Century, Jika Tidak…

Jaksa Agung Yakin KPK Mampu Lanjutkan Kasus Century, Jika Tidak…

Saturday 14 Apr 2018 , 16:19 WIB

Jakarta-Jaksa Agung HM Prasetyo yakin penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menindaklanjuti proses hukum kasus Bank Century tahun 2008 yang ditaksir merugikan negara Rp.7,5 triliun, pasca putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan menetapkan tersangka baru.

“Saya tidak pernah mendengar pernyataan KPK tidak sanggup menangani kasus itu,” ucap Prasetyo, Jakarta, Sabtu (14/4/2018).

“Sekarang kita lihat masalahnya bagaimana yang diputus oleh Hakim Praperadilaan Jakarta Selatan itu untuk kemudian menjadi perhatian KPK agar tetap menindaklanjuti kasus itu,” sambung dia.

Meski demikian, Prasetyo ogah meminta kepada KPK agar perkara tersebut ditangani oleh tim jaksa penyidik Gedung Bundar. Namun, jika
diserahkan untuk pihaknya memproses kasus itu maka Kejaksaan siap melakukannya. Hanya saja dia meminta respon itu ditanyakan ke KPK.

“Tanyakan ke KPK, jangan tanyakan Kejaksaan siap tangani atau tidak. Kita siap saja,” tutur dia.

Pada putusan gugatan praperadilan yang diajukan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Hakim tunggal PN Jaksel Efendi Muchtar mengabulkan gugatan MAKI atas KPK saat membacakan putusannya.

Dalam amar putusannya itu memerintahkan termohon KPK untuk melakukan proses hukum selanjutnya sesuai dengan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku atas dugaan tindak pidana korupsi Bank Century, dalam bentuk melakukan penyidikan dan menetapkan tersangka terhadap Boediono, Muliawan D. Hadad, Raden Pardede, dan kawan-kawan sebagaimana tertuang dalam surat dakwaan atas nama terdakwa Budi Mulya.

Hakim juga memberi pilihan kepada KPK jika tak mampu agar melimpahkan kembali kasus itu kepada Kejaksaan atau Kepolisian, untuk dilanjutkan penyelidikan, penyidikan dan penuntutan dalam proses persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta. (Edo/Red)

loading...

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang ditandai harus diisi *

*