Home / Headline / Jaksa Tunggu Langkah Polisi Limpahkan 3 Tersangka Kondensat

Jaksa Tunggu Langkah Polisi Limpahkan 3 Tersangka Kondensat

Kamis 18 Jan 2018 , 18:13 WIB

 

Jakarta-Jampidsus Adi Toegarisman mengaku pihaknya masih menunggu langkah penyidik Bareskrim Mabes Polri untik melakukan pelimpahan tahap II atau barang bukti dan tersangka dalam kasus dugaan korupsi kondensat PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) yang merugikan keuangan negara 2,716 miliar dolar Amerika.

“Kami masih menunggu informasi pelimpahan tahap duanya,” ucap Adi Toegarisman di Jakarta, Rabu (17/1/2018) malam.

Sebelumnya, berkas kasus ini telah dinyatakan lengkap atau P21 atas tiga tersangka, yakni, Honggo Hendratno (Presiden Direktur PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI)), serta Raden Priyono selaku Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMigas) dan Djoko Harsono selaku Deputi Finansial Ekonomi dan Pemasaran BPMigas yang dibuat satu berkas.

Tersiar kabar tersangka Honggo sendiri berada di Singapura, dan dinyatakan buron. Meski demikian jaksa meminta Polri melimpahkan ketiga tersangka kepada tim jaksa.

“Tentunya kami terus diskusi dengan penyidik kepolisian terkait kasus ini,” katanya.

Adi mengaku optimis penyidik polisi bisa menghadirkan Honggo ke Indonesia, agar segera di sidang.

Kasus Kondensat bermula saat PT TPPI ditunjuk oleh BP Migas untuk mengelola kondensat pada periode 2009 sampai 2011 namun ketika melaksanakan lifting pertama sekitar Mei 2009, itu belum ada kontraknya, sehingga  kerugian negara hasil dari audit BPK 2,716 miliar dolar AS.

Terkait kasus itu ada Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), JAM Pidsus menegaskan perkara itu belum ada TPPU-nya, namun jika dalam perkembangannya akan ditangani TPPU.

loading...

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang ditandai harus diisi *

*