Home / Headline / Kapolda Sumut Duga Kerusuhan Rutan Kabanjahe Over Kapasitas

Kapolda Sumut Duga Kerusuhan Rutan Kabanjahe Over Kapasitas

Kamis 13 Feb 2020 , 22:46 WIB

Pitunews-Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol. Martuani Sormin, menyambangi Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Kabanjahe, Karo, pasca kebakaran, akibat kerusuhan yang terjadi pada Rabu 13 Januari 2020 siang sekitar pukul 12.00 WIB.

Kapolda menjelaskan, kerusuhan di Rutan Kabanjahe, diduga kuat berkaitan dengan daya tampung yang over kapasitas, namun demikian pihaknya masih melakukan penyelidikan.

“Bagi yang tersangkut kerusuhan dan pembakaran akan dikenakan pasal 170 KUHP,” ucap Sormin usai meninjau lokasi kejadian.

Dia pun menyayangkan atas peristiwa kerusuhan tersebut, karen dapat mengakibatkan warga binaan meninggal dunia apabila tidak segera di evakuasi.

“Warga binaan harus ingat dengan keluarga bahwa hukuman yang dijalani pasti berakhir pada waktunya dan akan kembali berkumpul dengan keluarga,” ujar dia.

Nantinya, lanjut Sormin warga binaan menerima degan apa yang di putuskan oleh Kepala Kanwil KUMHAM Sumut dalam hal penempatan para warga binaan pasca kejadian ini.

“Warga binaan nantinya menerima apa yang di putuskan oleh Kepala Kanwil Kumham Sumut dalam hal penempatan para warga binaan pasca kejadian ini,” ungkapnya.

Kata jendral bintang dua ini bisa saja para sebagian dari 410 napi yang dievakuasi dari Rutan Kabanjahe akan segera dikirim ke Lapas-lapas terdekat, diantaranya Lapas Sidikalang, Lapas Humbang Hasundutan, Lapas Binjai dan Lapas Tanjung Kusta medan.

“Tergantung bagaimana nanti kebijakan Kakanwil Kemenkumham Sumut,” ucapnya.

Dalam kunjungannya, Sormin bersama rombongan Polda Sumut didampingi Forkopimda Kabupaten Karo, yang terdiri dari Bupati Karo,Terkelin Brahmana SH, Kepala Kejaksaan Negeri Karo, Denny Ahmad, Kapolres Tanah Karo, AKBP. Benny Hutajulu, Dandim 0205/Tanah Karo Letkol Inf. Taufik Rizal, Ketua DPRD Karo Iriani, dan WaDanyon 125 Simbisa Mayor Irwansyah.

Sementara itu Kajari Karo, Denny Ahmad saat dikonfirmasi via WhassApp, mengatakan, ada sebanyak 142 tahanan di Rutan Kabanjahe masih menjalani proses persidangan.

“Ada sekitar 142 tahanan, yang ditahan di Rutan Kabanjahe masih menjalani proses persidangan, dan hari ini sidang ditiadakan, dan akan kembali Senin depan,” terang Denny.

Denny Menambahkan, Rutan Kabanjahe mengalami over kapasitas dimana standar nya untuk 150 orang diisi oleh 420 orang, jadi memang harus dibangun tempat yang baru.

“Kejadian yang terjadi di Rutan Kabanjahe, merupakan musibah bagi kita semua, secara tidak langsung tentunya akan mempengaruhi jadwal sidang yang sudah diagendakan,” ucap Deny.

Dia mengakui, keadaan Rutan memang sudah tidak mampu menampung jumlah tahanan, karennya diharapkan perlu perluasaan bangunan Rutan yang baru sesuai dengan standar. (Acym/Edo)

loading...

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang ditandai harus diisi *

*