Home / Indeks / Komisi II Desak Agar Penggenangan Jatigede Ditunda

Komisi II Desak Agar Penggenangan Jatigede Ditunda

Senin 31 Agu 2015 , 11:23 WIB

Jakarta-Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Arif Wibowo mendesak penananganan waduk Jatigede ditunda. Alasannya, persoalan sosial ekonomi mengenai pemukiman kembali (relokasi) warga terdampak yang pernah dijanjikan melalui pembangunan tidak jelas realisasinya.

Apalagi, pihaknya sudah menyampaikan data dan analisa terhadap Perpres No.1 tahun 2015 mengirimlannya melalui surat resmi tanggal 11 Juli 2015. agar pembangunan Jatigede ditunda. Surat tersebut saya kirimkan kepada Presiden RI, Menteri-Menteri terkait, Gubernur Provinsi Jawa Barat, DPRD Prov Jabar, Bupati Sumedang, DPRD Kab Sumedang, namun hingga hari initidak direspon.

“Ganti rugi tersebut meliputi  tanah terlewat pendataan di areal genangan (sekitar 16,2 ha) di area evalasi seluas 262,5 Ha (sekitar 37,3 ha), Tanah terlewati ganti rugi di areal genangan (sekitar 15,3 ha), di areal elavasi sekitar 14,4 ha,  Tanah kurang luasan di areal genangan (sekitar 233 ha), di area elavasi (sekitar 6,8 ha), Tanah salah klasifikasi di areal genangan (sekitar 266 ha) can Tanah salah objek penerima di areal genangan (sekitar 9,1 ha),”tegasnya di Jakarta, Senin (31/8/2015).

Menurut Wakil Ketua Fraksi PDIP Bidang Legislasi dan Pengawasan ini, dirinya melihat langsung warga yang sedang berjuang memindahkan makam keluarga mereka.

“Berdasarkan data di lapangan yang dihimpun oleh fraksi PDI Perjuangan, serta data yang disampaikan langsung oleh warga kepada fraksi kami, proyek tersebut masih menyisakan persoalan sosial ekonomi yakni, mengenai klasifikasi warga terdampak, ganti rugi kepemilikan hak atas tanah (terindikasi kuat penetapan penggantian ditetapkan sepihak oleh pemerintah),”ungkapnya.

Penulis: Iman Rosidi
Editor: Dwi Christianto

 

 

loading...

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang ditandai harus diisi *

*