Home / Indeks / Menpora Tunjuk Jaksa Andi Herman Jadi Komandan Asean Para Games 2020

Menpora Tunjuk Jaksa Andi Herman Jadi Komandan Asean Para Games 2020

Senin 16 Des 2019 , 18:14 WIB

Jakarta-Kementerian Pemuda dan Olahraga menunjuk Kepala Pusat Diskrimti Kejaksaan Agung Andi Herman sebagai Ketua Kontingen Indonesia (Chef De Mission-CdM) Indonesia untuk Asean Para Games, di Manila, Filipina 2020.

Kapuspenkum Kejagung Mukri mengatakan penunjukan Andi Herman berdasarkan Keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 93 Tahun 2019 pada tanggal 6 Desember 2019 Tentang Pengangkatan atau penunjukan CdM.

“Lagi-lagi Kejaksaan dipercaya menjadi CdM Asean para Games 2020. Berdasarkan Keputusan Menteri Pemuda dan Olah Raga tersebut, nomor 93/2019, tanggal 6 Desember,” ucap Mukri dalam Keterangannya, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Jadi lanjut dia, penunjukan Andi Herman dalam surat putusan Menpora Zainudin Amali itu selain memimpin kontingen, juga mengikuti jadwal kegiatan atau pertemuan  para ketua kontingen para games sesuai jadwal panitia, sebelum pesta akbar diselenggarakan tahun 2020 nanti.

“Menpora mengangkat atau menunjuk saudara Andi Herman, sebagai Ketua Kontingen CdM Indonesia pada penyelenggaraan ASEAN para games 2020,yang selanjutnya di sebut CDM ASEAN Para Games 2020 di Manila, Filipina,” ujar Mukri.

Sesmenpora Gatot S Dewa Broto beserta Ketua Umum national Paralympic Committee (NPC) Senny Marbun mengatakan penyelenggaraan Asean Para Games 2020 di Filipina, kontingen Indonesia berangkat dengan Full Tim, sebanyak 300 Atlet akan mengikuti seluruh cabang oleh raga yang pertandingkan.

“16 cabang olah raga, dengan satu tujuan yaitu meraih yang tertinggi dan mempertahankan pencapaian prestasi 2 (dua) tahun yang lalu yaitu Juara Umum,” kata Marbun.

Lanjut dia, untuk Pelatnas terhadap para atlet telah dilakukan sejak bulan Mei 2019 di Solo, Jawa Tengah, dengan kondisi atlet saat berlatih dalam kondisi puncak siap untuk berlaga, dengan target 100 medali emas.

“karenanya, CDM Asean Para games memohon Do’a, Semangat dan Support dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia agar gelar Juara Umum tercapai, Tim akan bertolak ke Filipina pada tanggal 14 Januari 2020 mendatang,” papar dia.

Sebelumnya komandan kontingen para games 2018 didaulat oleh Wakil Jaksa Agung Arminsyah. Pada ajang olahraga disabilitas bergengsi 2018 se Asia itu kontingen Indonesia berhasil meraih rangking lima besar setelah menggeser posisi negara Uzbekistan.

Keberhasilan Indonesia memperoleh ranking lima besar itu teralisasikan setelah tiga medali emas di peroleh dari cabang olahraga bulutangkis dengan menyabet 4 emas, empat perak, dan tiga perunggu, sedangkan cabor balap sepeda dipersembahkan lewat Atlet Sri Sugiyanti dengan satu perak.

Sementara, medali emas terakhir diraih pasangan ganda putra bulutangkis SL3-SL4 , Fredy Setiawan / Dwiyoko. Dibabak final pasangan merah-putih itu menang dua set langsung melawan pasangan Korsel, Jeon Sun-woo/Joo Dong-jae, 22-20, 22-20 yang berlangsung di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Akhirnya, tim atlet merah putih berhasil berjaya masuk lima besar pada ajang Asian Para Games 2018 dengan hasil medali 37 emas, 47 perak, dan 51 perunggu. (Edo/Red)

loading...

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang ditandai harus diisi *

*