Home / Ekonomi / Pemerintah Janji Jaga Fundamental Ekonomi, Untuk Stabilkan Rupiah

Pemerintah Janji Jaga Fundamental Ekonomi, Untuk Stabilkan Rupiah

Selasa 04 Sep 2018 , 16:43 WIB
Menkeu Sri Mulyani di Paripurna DPR, Selasa (4/9/2018)

Jakarta — Pemerintah dalam hal ini kementerian keuangan berjanji, akan menjaga menjaga fundamental ekonomi Indonesia, demi memberikan sentimen positif kepada pelaku usaha dan kestabilan nilai tukar rupiah. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan hal tersebut, saat menghadiri rapat paripuran DPR. di Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Ani panggilan akrab Sri Mulyani menegaskan pemerintah menjaga fundamental ekonomi, untuk membedakan Indonesia dengan negara-negara berkembang lainnya, yang kebijakan ekonomi-nya tidak sejalan dengan fundamental ekonomi di lapangan. “Dengan kehati-hatian ini, Indonesia akan berbeda dari emerging countries lain yang fundamental ekonominya lebih rapuh dan kebijakan ekonominya tidak mencerminkan pondasi mereka,” papar Ani.

Ani menilai salah satu penyebab terjadinya depresiasi rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, karena adanya pembalikan modal ke negara maju sebagai dampak dari normalisasi kebijakan moneter dan kenaikan suku bunga oleh The Federal Reserve (Bank Sentral AS). Sehingga pemerintah terus berupaya untuk mengelola fundamental dengan menjaga kinerja defisit fiskal. Selain itu pemerintah juga memberikan kepastian berusaha kepada para pengelola dana atas prospek ekonomi Indonesia di masa depan. (Dwi)

loading...

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang ditandai harus diisi *

*