Home / Indeks / Polisi Ringkus Kompotan Palembang Gondol 500 Juta Uang Nasabah

Polisi Ringkus Kompotan Palembang Gondol 500 Juta Uang Nasabah

Monday 16 Apr 2018 , 19:55 WIB

Jakarta РUnit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya meringkus komplotan pembobolan kartu kredit jaringan Palembang berinisial NM, TA dan AN.

Kepala Unit II Jatanras Direktorat Reserse Umum Polda Metro Jaya AKAP Abdul Rahim mengatakan para tersangka membeli data base nasabah kartu kredit dari berbagai bank melalui http:TemanMarketing.com.

Lalu tersangka NM dan A mensortir data base nasabah yang masih aktif. Selanjutnya tersangka NM menghubungi call canter bank penerbit dengan mengaku sebagai pemilik kartu kredit dan meminta mengupdate nomor telepon, meminta penerbitan kartu kredit baru dan meminta dikirimkan ke alamat milik pelaku.

“Dengan yang sudah ada, tersangka NM mampu menjawab pertanyaan dari pihak bank,” ujarnya, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Setelah lolos verifikasi dari bank dan mendapatkan OTP (one time password), lalu tersangka NM menelepon korbannya dan mengaku sebagai call canter yang memberitahu bahwa kartu kredit korban rusak dan meminta korban menyebutkan 3 digit angka belakang dan tanggal kadaluarsa kartu kredit tersebut.

“Tersangka telah 20 kali transaksi tunai maupun belanja online dengan total Rp500 juta,” katanya.

Polisi juga berhasil menangkap Iyan Sopian (IS), ahli teknologi informasi (TI), yang menjual ribuan data nasabah kartu kredit dari berbagai bank kepada tiga tersangka tersebut.

“IS menjual tergantung banyaknya data mulai harga dari Rp.1 juta sampai Rp.1,5 juta, dari 500 data base sampai 1000 data base. IS sudah menjual data base berkali-kali,” lanjut dia. (Jul/Red)

loading...

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang ditandai harus diisi *

*