Home / Headline / Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri Peroleh Gelar Doktor Honoris Causa

Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri Peroleh Gelar Doktor Honoris Causa

Kamis 08 Mar 2018 , 13:58 WIB

Sumedang, Jabar — Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri memperoleh Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa (DR. H.C.) Bidang Politik dan Pemerintahan. Penghargaan Akademik gelar Doktor Honoris Causa diberikan oleh lembaga Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) kepada Megawati Soekarnoputri, bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional bertempat di Gedung Balairung Jenderal Rudini IPDN Kampus Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Kamis (8/3/2018).

Megawati dalam paparannya mengungkapkan, Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 memuat kebijakan yang mengharuskan partai politik menyertakan keterwakilan perempuan minimal 30% dalam pendirian maupun dalam kepengurusan di tingkat pusat. Hal ini terungkap dari penelitian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menyatakan bahwa jumlah minimum 30 persen memungkinkan terjadinya suatu perubahan dan membawa dampak, pada kualitas keputusan yang diambil dalam lembaga-lembaga publik.

“Memang maksud dan niat untuk memberikan kuota 30 persen itu sangat baik. Tetapi pada tataran lapangannya, pada kenyataannya, sangat sulit hari-hari ini, untuk mencari kaum wanita yang mau, masuk, terjun ke bidang politik,” papar Megawati.

Beberapa pejabat negara menghadiri acara ini, termasuk Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Turut mendampingi Kasum TNI diantaranya, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo, Koorsahli Kasal Laksda TNI Deddy Muhibah Pribadi dan Dankorpaskhas Marsda TNI T. Seto Purnomo.  (Dwi)

loading...

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang ditandai harus diisi *

*