Home / Indeks / Ratusan TKA Asal China Dipekerjakan PT RAPP Untuk Pabrik Tisu

Ratusan TKA Asal China Dipekerjakan PT RAPP Untuk Pabrik Tisu

Kamis 22 Feb 2018 , 22:57 WIB

Riau – Anak perusahaan APRIL Group PT RAPP kembali membuat kebijakan yang tidak berpihak kepada pekerja lokal dengan mendatangkan 200 Tenaga Kerja Asing (TKA) untuk dipekerjakan dipabrik tisu yang berada di Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau.

Hal itu dibenarkan oleh Kasi Wasdakim Kantor Imigrasi Pekanbaru, Oky Drajat, ketika ditemui, Kamis (22/2/2018).

“PT RAPP sudah melaporkan ke kita tentang rencana mendatangkan 200 orang TKA asal China untuk membangun pabrik tisu terbesar di Indonesia, di Kota Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan,” terangnya.

Dijelaskannya, 200 orang TKA tersebut, akan didatangkan secara bertahap.

“Saat ini baru 80 orang TKA asal Tiongkok sudah bekerja di PT RAPP,” lanjut Oky.

Selain 200 orang tenaga asal China lanjut Oky, PT RAPP juga mempekerjakan puluhan TKA lainnya seperti TKA Amerika sebanyak 30 orang, Finlandia 21 orang, kemudian TKA asal Swedia, Inggris, Korea, Philipina, Kanada, Brazil, India, Malaysia, Singapura, Afrika Selatan dan Selandia Baru. Terhadap para pekerja asing ini, Kantor Imigrasi Pekanbaru menerbitkan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).

“Izin tinggal yang diberikan ada yang satu bulan, tiga bulan, enam bulan dan 12 bulan, tergantung kontrak dengan PT RAPP,” ujarnya.

Untuk tugas dan jabatan dari TKA tersebut, Oki mengaku tidak mengetahuinya. Ia beralasan ada pihak lainnya yang melalukan pengawasan.

Anehnya informasi tersebut dibantah oleh PT RAPP, humas PT RAPP Djarot Handoko mengatakan PT RAPP tidak sedang membangun pabrik tisu seperti yang diberitakan.

Terkait TKA kata Djarot perusahaan, senantiasa melaporkan TKA yang bekerja di lingkungan perusahaan, dan telah memenuhi ketentuan dan perijinan yang berlaku.(red/RN)

loading...

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Bagian yang ditandai harus diisi *

*